Maerokoco Semarang, TMIInya Jawa Tengah Jelajahi 35 Miniatur Rumah Adat

Berkeliling Bangunan Khas Jawa Tengah di Maerokoco Semarang

maerokoco semarang

Tempat wisata Semarang yang satu ini menjadi salah satu destinasi menarik bagi masyarakat Jawa Tengah. Bayangkan saja, kamu bisa menjelajahi Jawa Tengah sekaligus jika datang langsung ke tempat ini.

Maerokoco Semarang, atau lebih dikenal dengan sebutan Grand Maerokoco. Dulunya tempat ini lebih dikenal dengan nama Puri Maerokoco. Tempat ini berubah nama setelah mengalami renovasi.

Yuk intip sekilas info menarik dari destinasi wisata unik di Maerokoco Semarang.

 

Seputar Maerokoco Semarang

Maerokoco Semarang sengaja dibangun dengan mengusung konsep unik untuk mengenalkan tiap-tiap daerah yang ada di Jawa Tengah. Konsep ini tak lain diambil dari Taman Mini Indonesia Indah.

Mirip dengan TMII, Maerokoco Semarang juga menghadirkan miniatur bangunan dan ciri khas dari masing-masing daerah yang ada di Jawa Tengah.

Grand Maerokoco dibangun di atas tanah seluas 23,84 hektar. Tempat ini mirip seperti sebuah pulau karena di sekelilingnya terdapat kolam yang sangat luas.

Di atas pulau buatan ini berdiri bangunan-bangunan khas dari tiap kabupaten dan kota yang ada di Jawa Tengah.

Maerokoco Semarang berada di kawasan Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan atau PRPP Jawa Tengah. Nah tempat ini tentunya sangat cocok untuk kamu yang sudah berencana liburan ke Kota Semarang.

 

Sejarah Singkat Maerokoco Semarang

Grand Maerokoco Semarang dibangun pada tahun 1993 oleh pemerintah daerah setempat. Tempat yang dikenal dengan julukan TMIInya Jawa Tengah ini memiliki dua peran penting, selain menjadi salah satu tempat rekreasi, bangunan ini juga menjadi salah satu ajang promosi budaya yang ada di Jawa Tengah.

Saat pertama kali dibuka, destinasi wisata ini masih sangat sepi pengunjung dan kurang menarik. Tak lama setelah itu, Puri Maerokoco Semarang kemudian di renovasi dan berubah menjadi Grand Maerokoco Semarang.

Semenjak itulah, tempat ini menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi oleh banyak orang, baik wisatawan lokal maupun luar negeri.

Nama Maerokoco diambil dari salah satu cerita Mahabarata yaitu tentang seorang Dewi yang ingin memiliki 1000 bangunan dan taman dalam waktu semalam.

 

Daya Tarik Maerokoco Semarang

  • Miniatur Rumah Adat Jawa Tengah

Alasan utama mengapa tempat ini bisa disebut sebagai TMII nya Jawa Tengah, sebab di tempat ini para pengunjung bisa melihat replika dan miniatur dari bangunan-bangunan khas yang ada di seluruh Provinsi Jawa Tengah.

Di tempat ini, setidaknya ada sekitar 35 bangunan atau rumah ada yang memiliki ciri khas dari kabupaten atau kota di Jawa Tengah.

Tak hanya itu, di dalam bangunan tersebut juga ada berbagai pameran yang disajikan. Misalnya seperti kerajinan tangan, makanan dan minuman khas, serta pakaian adat daerah masing-masing.

Itulah sebabnya di Grand Maerokoco Semarang, selain bisa menikmati liburan, kamu juga bisa sekaligus wisata edukasi nih. Gimana, sudah tertarik?

 

  • Trekking Hutan Mangrove

Spot menarik yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Grand Maerokoco adalah mencoba menyusuri kawasan hutan mangrove.

Wisata ini memiliki jalur yang dibuat khusus untuk wisatawan, sehingga pengunjung bisa berjalan santai sambil melihat-lihat pemandangan di sekitar.

Pada jalur trek ini, pengunjung juga bisa lho memanfaatkan berbagai spot untuk berswafoto. Bahkan tak jarang kawasan hutan mangrove ini juga dijadikan sebagai latar belakang foto prewedding.

 

  • Museum Iptek

Wahana lain yang bisa kamu temukan di Grand Maerokoco Semarang yaitu Museum Iptek. Di tempat kamu ini bisa rekreasi sekaligus menambah wawasan mengenai iptek.

Jika kamu membawa anak-anak kesini, kamu akan banyak belajar perihal ilmu pengetahuan dan teknologi di museum ini.

Tak hanya melihat, disini anak-anak juga bisa memperhatikan langsung beberapa eksperimen di tempat ini.

 

  • Istana Anak

Tak hanya replika rumah adat dan museum saja, di Grand Maerokoco juga terdapat wahana yang tak kalah menarik yaitu Istana Anak.

Berbagai hal bisa kamu jumpai di tempat ini. Ketika masuk ke dalam, anak-anak akan diperkenalkan untuk mengenal kebudayaan khas Jawa Tengah.

Tak hanya itu, anak-anak juga akan diajarkan untuk membuat kerajinan dan keseniannya.

 

  • Pasar Apung

Tenang, buat kamu yang hobi berbelanja, kamu bisa berkunjung ke Pasar Apung. Fasilitas yang satu ini memang cukup unik dan pengunjung juga diperbolehkan untuk berbelanja disini.

Berbagai oleh-oleh khas Semarang bisa kamu temukan di tempat ini.

Jadi, kamu tak perlu repot-repot ke tempat lain mencari buah tangan untuk dibawa pulang.

  • Gedung Opera

Kegiatan seru yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Grand Maerokoco Semarang yaitu menonton pertunjukan opera. Pertunjukan yang ditampilkan di sini tak kalah serunya dengan menonton film di bioskop.

Bahkan, kamu mungkin akan merasakan sensasi menonton pertunjukan yang lebih seru dan menyenangkan.

 

  • Lumina Grand Maerokoco

Selain merasakan keliling Jawa Tengah, kamu juga merasakan sensasi keliling dunia di Lumina Grand Maerokoco.

Di tempat ini terdapat miniatur bangunan dari 5 negara diantaranya Jepang, Turki, Meksiko, Santorini (Yunani), dan Arab. Masing-masing bangunan ini ditampilkan dalam bentuk 3 Dimensi.

 

  • Golf Grand Maerokoco

Ingin mencoba bermain golf dengan harga yang masih terjangkau? Cobalah untuk datang ke Golf Grand Maerokoco Semarang.

Di tempat ini, kamu bisa bermain golf sambil menyaksikan sunset atau sekadar nongkrong dengan pemandangan danau Grand Maerokoco.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menyewa peralatan golf untuk mendapatkan basic training bermain golf.

 

Lokasi dan Rute Maerokoco Semarang

Maerokoco Semarang berada tidak jauh dari Bandara Jendral Ahmad Yani, hanya sekitar 2,5 km dengan waktu tempuh kurang lebih 10 menit saja.

Grand Maerokoco Semarang berlokasi di Jalan Puri Anjasmoro, Tawangsari, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah. Tempat ini masih berada di kawasan PRPP Jawa Tengah sehingga mudah sekali diakses dari manapun.

Rute menuju Maerokoco Semarang juga cukup mudah dan letaknya tidak jauh dari pusat Kota Semarang. dari Tugu Muda hanya berjarak kurang lebih 5 km saja, sehingga kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum untuk bisa sampai di lokasi Grand Maerokoco Semarang.

Harga Tiket Masuk Maerokoco Semarang

Untuk bisa masuk ke destinasi wisata itu, kamu tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena tiket masuk di Grand Maerokoco Semarang masih sangat terjangkau.

Simak harga tiket masuk di Grand Maerokoco Semarang berikut.

 

RetribusiTarif
Tiket Masuk WisatawanRp 15.000,00
Wahana PermainanMulai dari Rp 5.000,00
Parkir MotorRp 3.000,00
Parkir MobilRp 5.000,00

 

Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Jadi kamu bisa melakukan persiapan untuk berkunjung dari jauh-jauh hari.

 

Jam Operasional Maerokoco Semarang

Tenang, kamu bisa berkunjung ke Grand Maerokoco Semarang kapanpun. Sebab tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga pukul 19.00 WIB.

Waktu terbaik untuk datang kesini adalah saat sore hari di musim kemarau.

Selain karena sinar matahari yang sudah tidak terlalu terik, kamu juga bisa bebas menikmati waktu liburan tanpa takut terkena hujan.

Saat hari mulai senja, kamu bisa menikmati pesona matahari terbenam di angkringan atau cafe yang ada di tepi danau.

Namun, jika kamu ingin mencoba semua wahana dan spot terbaik yang ada di Grand Maerokoco Semarang, kamu bisa datang saat pagi hari agar bisa lebih puas berkeliling.

Kamu bisa menggunakan jasa travel dari http://bornrich.com untuk menemani perjalanan kamu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *