Taman Menteng Jakarta Miliki Luas 2,7 Hektar !

Hii sobatt MinBon ..

Kesempatan kali ini MinBon mau ajak teman-teman semua untuk berkunjung ke Taman Menteng.

Taman Menteng ini salah satu taman yang ada di Jakarta Pusat.

Taman yang telah diresmikan 17 tahun lalu ini memiliki luas tanah sebesar 27.289 meter persegi atauu kurang lebih 2,7 hektar.

Judulnya juga taman jadi tentunya di Taman Menteng ini memiliki berbagai jenis tanaman hias dan pepohonan yang akan kamu jumpai ketika berkunjung ke taman ini.

Taman ini tidak sekadar taman, namun ada juga fasilitas umum yang tentunya bisa teman MinBon nikmati, seperti fasilitas olahraga, tempat bermain, lahan parkir, toilet, dan lain-lain.

Taman Menteng

taman menteng

Taman menteng ini awalnya sebagai lapangan sepak bola Voetbalbond Indische Omstreken Sport yang berubah menjadi Voetbal is Onze Sport (Vios).

Lapangan yang dirancang oleh F.J Kubatz dan P.A.J Moojen pada tahun 1921. Kedua arsitek tersebut berasal dari Belanda.

Lapangan ini sering dijadikan sebagai tempat berolahraga pada masa kolonialisme.

Sayangnya lapangan ini hanya untuk mesyarakat yang menyewanya tidak dibuka untuk umum.

Setelah merdeka, pemain sepak bola Indonesia memerlukan lapangan untuk berlatih sehingga Vios ini dijadikan sebagai markas tim pesepak bola asal jakarta (Persija).

Tahun 1975 Gubernur Jakarta menetapkan lapangan vios menjadi cagar budaya yang ada di Jakarta dan patut dilidungi.

Setelah ditetapkan sebagai markas persija, lapangan vios ini berubah nama menjadi Stadion Persija atau dikenal Stadion Menteng.

Seiring berjalannya waktu, Jakarta memerlukan daerah untuk resapan air. Lapangan ini pun mejadi sasaran dibagunnya proyek Taman Menteng.

Tahun 2004 Pemprov DKI Jakarta melakukan sayembaran untuk mendesain Taman Menteng yang dibuka untuk masyarakat umum.

Tahun 2006 menjadi puncak proyek pembangunan Taman Menteng. Stadion Menteng dihancurkan dan markas Persija dipindahkan mejadi di Stadion Lebak Bulus Jakarta Selatan.

28 April 2007 Taman Menteng ini diresmikan dan dibuka secara umum, sehingga masyarakat datang untuk mengunjungi Taman Menteng ini.

Fasilitas Taman Menteng

Lapangan ini disulap menjadi taman yang sangat menarik banyak perhatian, saat berkunjung ke Taman Menteng kamu akan menemukan

Rumah Kaca 

Taman Menteng ini dirancang sebagai tempat penanaman berbagai jenis bibit tanaman.

Rumah kaca ini dialihkan fungsinya menjadi gedung pameran seni atau pameran foto. Rumah kaca ini juga sering digunakan untuk berbagai kegiatan teater.

 

@kadeciba.official Daripada stres kerja mending ngadem sambil olahraga or foto2 di taman aesthetic iniūüĎĆ Enak banget nyantai disini #placestovisit #jktgo #jakarta #placetogojkt #tamanjakarta #dateideas #healingplace #tamanmenteng #tempatolahragajaksel #tamanaesthetic ‚ô¨ Aduh – MALIQ & D’Essentials

Taman kaca ini juga menjadi spot cantik untuk kamu yang suka berfoto.

Jalur Joging 

Taman ini juga dilengkapi oleh jogging track. Jadi di taman ini selain menikmati suasana yang sejuk, kamu juga bisa berolahraga santai .. ditemani pepohonan yang rimbun.

Yukk teman MinBon luangkan waktu 20 menit setiap harinya untuk jogging .. agar imun tubuh kita semakin kuat dan kita menjadi semakin sehatt ..

Bookhive 

Bookhive adalah istilah dari perpustakaan jalanan, biasanya kamu bisa menemukan bookhive ini di area taman Kota Jakarta.

Bookhive ini dibuat untuk meningkatkan literasi masyarakat dengan suasana yang berbeda.

Menjadi pengalaman baru untuk membaca buku dari perpustakaan jalanan sambil menikmati pemandangan alam dan suasana yang sejuk.

Kamu juga bisa memberikan bukumu untuk disimpan agar semakin banyak orang yang membaca buku yang kamu berikan. Konfirmasi saja kepada petugas yang ada di taman.

Di area bookhive juga terdapat beberapa kursi, jadi kamu bisa membaca sambil duduk-duduk santai. Namun di area bookhive ini belum tertutup atap maka kita harus hati-hati yaa saat berkunjung dan ingin membaca di taman saat musim hujan.

Tempat Bermain 

Selain tamanan hias, pepohonan yang rimbun .. Taman ini juga ramah diberbagai kalangan usia. Salah satunya anak-anak ..

Area ini akan menjadi spot favorit para anak kecil. Disini terdapat beberapa permainan seperti perosotan, jembatan kayu, ayunan, rumah-rumahan, dan lain sebagainya.

Jadii saat berkunjung ke taman ini .. bukan hanya dewasa saja yang dapat menikmati suasana taman ini tapi jugaa anak-anak .. mantapp gak tuhhh ??

Tempat Bersantai

Tak lengkap jika di taman tidak ada tempat untuk bersantai. Tempat bersantai ini biasanya digunakan oleh komunitas untuk berkumpul dan menikmati waktu bersama.

Berbagai komunitas saling berganti menggunakan fasilitas tempat bersantai ini, terkadang ada dari komunitas musik, karate, atau bahkan pemain basket pun berlatih di tempat santai ini ..

Kolam Ikan dan Air Mancur 

Masih didekat area rumah kaca ..  terdapat kolam ikan dan air mancur yang semakin mempercantik taman ini.

Air mancur ini menyala selama jam operasional taman .. Ikan ikan di kolam ini juga cukup bervariasi ..

Mohon diperhatikan yaa jangan sampai membuang sampah ke area kolam ikan .. Kita sama sama menjaga kebersihan yaa temann .. agar taman ini tetap nyaman dan bersih.

Spot Foto 

Dibangun dan didesain dengan baik, sehingga penataan taman ini tidak diragukan. Bersih, nyaman, dan sejuk.

Berbagai tempat di taman ini dapat dijadikan spot foto karena banyak tempat yang menarik.

Bahkan banyak tempat di taman ini dijadikan spot foto untuk para pasangan yang sedang pra-wedding. Untuk berfoto di taman ini tidak dipungut biaya sepeserpunn lohhh ..

Wahh pastikan saat kamu datang ke taman ini membawa memori hp yang banyak yaa .. dan siapkan juga berbagai gaya yang berbeda .. agar tidak mati gayaa haha

Fasilitas Umum 

Adapun fasilitas umum yang ada di taman ini seperti masjid dan toilet. Fasilitas tersebut disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat yang berkunjung.

Masjid di taman ini pun termasuk luas dan juga bersih .. sehingga untuk kamu yang muslim tidak perlu khawatir saat adzan berkumandang .. kamu bisa tetap beribadah selama berada di taman.

Toilet yang disediakan oleh managemen taman ini juga sangat bersih .. tapi untuk berjaga-jaga tetap membawa tissue yaa teman .. dan ingat buangnya di tempat sampah .. bukan di klosett ..

Disini juga terdapat wifi gratis lohh .. jadi untuk kamu yang ingin mengerjakan tugas dengan pemandangan alam .. datang saja ke Taman Menteng ..

Hanya sajaa sinyal Wi-Fi ini kencang ketika didekat dengan pusat pemancar sinyal Wi-Fi .. jika jauh dari pemancar sinyal Wi-Fi akan berpengaruh terhadap kestabilan sinyal wi-fi yang digunakan.

Tak perlu khawatir untuk kamu yang membawa kendaran. Disini juga disediakan lahan parkir yang luas. Baik untuk kendaraan roda dua maupun kendaraan roda 4.

Tiket parkir disini pun terbilang murah mulai dari Rp. 2.000 sampai Rp. 5.000.

HTM 

Fasilitas yang oke, tempat yang bersih, udara yang sejuk ..

Untuk masuk taman ini gratis, tidak dipungut biaya sepeserpunn ..

Kecuali jika kamu membawa kendaraan pribadi .. siapkan untuk membayar parkir kendaraan sajaa ..

Taman ini memiliki jam operasional yaitu pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB untuk setiap harinya.

Taman ini dibangun agar masyarakat bisa menikmati taman yang ada di Jakarta .. Jadi MinBon berharap kita sama-sama menjaga taman ini agar tetap terawatt yaaa ..