Pasar Johar Semarang, Kawasan Perdagangan Terbesar di Asia Tenggara Sejak 1955

Wisata Berbelanja di Pasar Johar Semarang, Borong Oleh-Oleh Khas Kota Atlas

pasar johar semarang

Buat kamu yang tinggal di kawasan Semarang, pasti sudah tidak asing dengan Pasar Johar Semarang. Pasar tradisional ini sangat digemari oleh warga lokal, bahkan juga populer di telinga masyarakat Indonesia.

Pasar Johor Semarang sudah lama masuk dalam salah satu cagar budaya dan menjadi nadi perekonomian masyarakat di Kota Semarang.

Meskipun saat ini sudah banyak berdiri mall-mall megah di kawasan Kota Semarang, namun kepopuleran Pasar Johar Semarang tak pernah redup, bahkan semakin eksis dan menjadi tempat wisata berbelanja favorit bagi wisatawan luar.

Baca juga https://bornrich.com/mall-semarang/

Siapapun yang datang kesini pasti akan betah berlama-lama. Pasalnya di tempat ini kamu akan menemukan banyak pedagang-pedagang yang sibuk menjajakan dagangannya, mulai dari souvenir, pakaian, kerajinan tangan, hingga barang-barang elektronik juga bisa kamu beli disini.

Tak heran jika Pasar Johar Semarang dijuluki sebagai pasar terbesar di Asia Tenggara.

 

Sejarah Singkat Pasar Johar Semarang

Pasar Johar Semarang kini memiliki wajah baru pasca bencana kebakaran yang terjadi beberapa tahun yang lalu.

Setelah mengalami renovasi dan revitalisasi, Pasar tradisional ini berubah menjadi pasar yang kian menarik. Suasananya pun sudah sangat berbeda dengan pasar lama.

Tempat ini menjadi tempat wisata belanja yang jauh lebih bersih, nyaman, rapi, dan modern.

Tak cuma itu, komoditi yang diperjualbelikan disini juga semakin lengkap, sehingga menarik minat para pengunjung untuk datang dan berbelanja oleh-oleh untuk sanak saudara di rumah.

Banyak wisatawan luar yang sengaja datang ke Semarang dan menjadikan Pasar Johar Semarang sebagai target utama mereka untuk berburu buah tangan khas Semarang.

FYI, saat akhir pekan bahkan libur nasional, tempat ini akan dipadati oleh para pengunjung. Jumlah pengunjung yang datang bahkan bisa sampai 3 hingga 4 kali lipat dari jumlah pengunjung pada hari biasa.

Jika melihat jauh ke belakang, Pasar Johar Semarang pertama kali dibangun sekitar tahun 1930-an. Tempat ini merupakan hasil rancangan dari seorang arsitek Belanda, Herman Thomas Karsten.

Hingga pada 2015 lalu, Pasar Johar Semarang mengalami musibah kebakaran yang sangat dahsyat hingga si jago merah melalap habis seluruh kios yang ada di dalamnya.

Empat tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2019, pasar ini selesai proses revitalisasi dan langsung diresmikan oleh Presiden Jokowi.

Saat ini, Pasar Johar Semarang terbagi menjadi beberapa zona:

  • Bagian utara, terdiri dari 368 los kering dan 51 kios.
  • Bagian tengah, terdiri dari 109 los basah, 503 los kering, dan 102 kios.
  • Bagian selatan, terdiri dari 36 los basah, 542 los kering, dan 126 kios.

 

Daya Tarik Pasar Johar Semarang

Pasar Johar Semarang menjadi pasar kebanggan masyarakat Semarang. Pasalnya pasar ini menjadi pusat wisata belanja sekaligus pusat wisata kuliner yang paling komplit.

Tak hanya itu, bahkan Pasar Johar Semarang juga mampu menarik wisatawan luar untuk singgah ke Kota Semarang.

Berikut daya tarik dari Pasar Johar Semarang.

  • Pusat Wisata Belanja

Nah buat kamu yang punya hobi belanja dan berencana liburan di Semarang, bisa langsung mampir ke Pasar Johar Semarang. Bisa pesan travel untuk rute Jakarta-Semarang atau sebaliknya.

Disini terdapat koleksi komoditi yang lengkap, sehingga tidak kalah dengan mall-mall besar lainnya, meskipun dengan harga dan suasana yang berbeda. Tapi jangan salah, kualitas barang-barang di Pasar Johar Semarang tidak kalah dengan brand-brand terkenal.

Apapun jenis barang belanjaan yang kamu cari, bisa kamu temukan disini. Harga yang ditawarkan oleh para pedagang juga masih sangat terjangkau.

Kamu juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah jika kamu mampu tawar menawar dengan para pedagang disana.

  • Pusat Wisata Kuliner

Pasar Johar Semarang juga menjual berbagai jenis kuliner yang siap santap lho. Jadi kamu tak perlu risau, saat berkunjung ke tempat ini, kamu akan menjumpai beragam kios sayuran, buah-buahan, daging, ikan, dan toko-toko kelontong.

Kamu cukup berkeliling ke semua area pasar tradisional ini untuk menemukan menu makanan atau minuman yang ingin kamu nikmati.

Kunjungi juga https://bornrich.com/all-you-can-eat-semarang/

Sejak dilakukan renovasi dan revitalisasi pasca kebakaran, area keda-kedai makanan yang ada di sekitar pasar kini semakin nyaman untuk ditempati. Kawasan ini terlihat bersih dan semakin jauh dari kesan kumuh.

Pengunjung yang datang pun bisa dengan leluasa bersantai sambil menyantap makanan yang sudah dibeli.

Untuk menunya, kamu bisa menikmati makanan-makanan khas Semarang atau menu makanan dan minuman lainnya yang tak kalah lezat.

Gimana? Penasaran?

 

Fasilitas di Pasar Johar Semarang

Semenjak dilakukan renovasi, fasilitas umum di Pasar Johar Semarang semakin lengkap dan memadai. Mulai dari tempat parkir yang luas, hingga fasilitas toilet umum yang banyak dan bersih.

Di pasar tradisional ini juga terdapat mushola dan alat sholat, serta kamar mandi yang selalu terjaga kebersihannya.

Beberapa fasilitas tambahan lainnya sebagai pendukung operasional pasar juga tersedia, seperti alat pemadam kebakaran, genset, CCTV, hingga drainase.

 

Harga Tiket Masuk Pasar Johar Semarang

Kamu tidak perlu takut akan dikenakan biaya masuk saat ke Pasar Johar Semarang.

Pasalnya di tempat ini, semua pengunjung yang datang tidak akan dikenakan tarif masuk sepeserpun alias gratis.

Disini juga kamu tidak akan menjumpai pungutan liar yang biasanya berkedok sebagai tukang parkir.

 

Lokasi Pasar Johar Semarang

Pasar Johar Semarang terletak di pusat Kota Semarang, tepatnya di Kelurahan Kauman, Kecamatan Semarang Tengah.

Kawasan ini termasuk dalam Bagian Wilayah I Kota Semarang.

Tak cuma itu, pasar tradisional ini juga berdekatan dengan Masjid Agung Semarang, Kota Lama, dan Simpang Lima Semarang

Baca juga https://bornrich.com/simpang-lima-semarang/

Untuk bisa sampai disana, jika kamu berasal dari arah Tugu Muda atau Simpang Lima, kamu bisa memilih rute yang melewati Jalan MT. Haryono atau bisa juga melewati Jalan Barito, kemudian ke arah Jalan MT. Haryono.

Jam Operasional Pasar Johar Semarang

Pasar Johar Semarang buka setiap hari selama 24 jam

Namun, tiap kios dan los memiliki jam operasionalnya masing-masing. Jadi penting buat kamu untuk perhatikan jam berkunjung saat akan mampir ke pasar tradisional ini.

Di pasar ini, ada beberapa kios atau los yang sudah buka mulai jam 9 pagi dan tutup saat jarum jam menunjukkan pukul setengah lima sore. Tapi ada juga kios atau los yang baru buka jam 12 siang dan tutup jam 5 sore.

Untuk memastikan jam operasionalnya, kamu bisa datang langsung ke Pasar Johar Semarang.

 

Manfaatkan layanan travel dariĀ http://bornrich.com untuk memudahkan perjalanan kamu

Dengan layanan ini, kamu bisa bebas berwisata atau melakukan perjalanan ke beberapa destinasi yang ada di Semarang.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *