Rekreasi Di Kampung Pelangi Semarang, Hanya 5 Menit Dari Tugu Muda

Menyambangi Kampung Pelangi Semarang, Dulunya Kumuh Kini Jadi Destinasi Wisata Populer

Kampung Pelangi Semarang menjadi salah satu tempat wisata di Semarang yang menarik untuk dikunjungi terutama saat libur panjang. Kamu akan menyaksikan keindahan warna warni bangunan yang terlihat unik dan menakjubkan dari sudut manapun.

Destinasi wisata yang satu ini juga cocok buat kamu yang senang berfoto kekinian dan ingin mengunggahnya di Instagram.

Kampung Pelangi Semarang menjadi kawasan wisata yang berhasil memberdayakan masyarakat untuk mengembangkan dan menjaga lingkungan sekitar.

Kamu bisa dengan mudah mengunjungi Kampung Pelangi Semarang dengan mudah menggunakan layanan travel dari agen perjalanan kami.

Yuk simak informasi lengkapnya mengenai Kampung Pelangi Semarang.

 

Seputar Kampung Pelangi Semarang

Kampung Pelangi Semarang pada awalnya merupakan kawasan yang kumuh dan tidak terawat dengan baik. Kampung ini memiliki nama asli yaitu Kampung Wonosari yang masih masuk dalam Kecamatan Randusari, Semarang, Jawa Tengah.

Perubahan Kampung Wonosari yang kumuh menjadi Kampung Pelangi yang indah seperti saat ini tak lepas dari peran seorang laki-laki bernama Slamet Widodo. Beliau merupakan warga Kampung Wonosari yang berprofesi sebagai kepala sekolah.

Ide berlian ini muncul setelah beliau melihat keindahan kampung wisata Jodipan yang ada di Malang serta Kampung Kali COde Yogyakarta. Warna warni rumah yang berada di pinggiran Kali Code dan Jodipan nampak cantik dan terpampang dari jalanan.

Berangkat dari hal itulah, Bapak Slamet kemudian bekerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang dan pihak swasta untuk menyulap Kampung Wonosari menjadi kampung wisata yang saat ini dikenal dengan Kampung Pelangi Semarang.

Sekitar 325 rumah yang ada di kawasan Kampung Wonosari berubah menjadi kian cantik dengan warna warni cat yang menghiasi dinding dan atap rumah penduduk kampung.

Bahkan di beberapa dinding dan jalan juga dihiasi oleh berbagai mural serta lukisan 3D yang menarik.

Kampung Pelangi Semarang juga sempat viral di beberapa media sosial yang akhirnya menjadikan kawasan ini semakin ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Berkat perubahan inilah, Kampung Wonosari yang difungsikan sebagai kampung wisata mampu menumbuhkan perekonomian warga yang tinggal di kawasan kampung tersebut.

 

Lokasi Kampung Pelangi Semarang

Kampung Pelangi Semarang terletak di Dusun Wonosari, Desa Randusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Untuk menuju destinasi wisata ini kamu bisa menggunakan biro perjalanan dari travel kami. Kamu akan disuguhkan pemandangan yang menakjubkan di sepanjang jalan menuju kampung wisata ini serta melewati monumen ikonik Kota Semarang yaitu Tugu Muda.

Baca juga wisata malam Semarang

Dari Tugu Muda, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Jalan Dokter Sutomo lalu menuju arah selatan. Di sepanjang jalan ini kamu bisa melihat kawasan Kampung Pelangi Semarang dan Taman Kasmaran yang ada di sisi kiri atau bagian timur jalan.

Rute ini seringkali dipilih oleh para wisatawan karena mereka bisa banyak tempat wisata di Semarang yang  menarik, seperti Lawang Sewu dan Tugu Muda Semarang. Bahkan kamu hanya perlu menempuh perjalanan selama 5 menit saja dari Tugu Muda. Dekat sekali bukan?

Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa menggunakan bantuan dari Google Maps yang akan menunjukkan rute terbaik menuju Kampung Pelangi Semarang

 

Jam Operasional Kampung Pelangi Semarang

Tenang, Kampung Pelangi Semarang tidak memiliki jam operasional khusus karena kawasan ini merupakan sebuah perkampungan. Hal ini juga berlaku untuk area Taman Kasmaran yang dibuka selama 24 jam.

Hanya saja, jika kamu berkunjung saat malam hari, tempat ini mungkin akan lebih terasa sepi dan kamu akan terbatas untuk menikmati keindahannya.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Kampung Pelangi Semarang yaitu sekitar pukul 09.00 WIB atau pada pukul 15.00 WIB ketika cuaca sudah tidak terlalu panas. Ketika itulah kamu bisa melihat dengan jelas pemandangan dari atas serta mengabadikan momenmu dengan latar belakang spot foto yang menarik.

 

Tiket Masuk Kampung Pelangi Semarang

Untuk bisa masuk ke kawasan Kampung Pelangi Semarang, kamu tidak akan dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. Jadi kamu bisa bebas menikmati keindahan dari Kampung Pelangi. Hanya saja, disini kamu perlu membayar biaya parkir kendaraan saja.

 

RetribusiTarif
Tiket MasukGratis
Parkir MotorRp 3.000,00
Parkir MobilRp 5.000,00

 

FYI, tarif yang ada di dalam tabel tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari pengelola. Kamu bisa jadikan daftar tarif tersebut sebagai acuan sebelum mengunjungi Kampung Pelangi Semarang.

Kamu juga bisa mengeksplor tempat wisata di Semarang lainnya yang tak kalah kerennya. Gunakan paket wisata dari biro perjalanan kami untuk memudahkan akomodasi perjalanan kamu. Jangan lupa untuk menyiapkan segala sesuatu hal yang diperlukan ketika berlibur nanti.

 

Daya Tarik Kampung Pelangi Semarang

Setelah berubah dari yang awalnya kampung kumuh menjadi kawasan wisata, Kampung Pelangi Semarang menawarkan banyak hal menarik yang bisa kamu jelajahi lho. Yuk simak beberapa daya tarik serta aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Kampung Pelangi Semarang.

 

  • Indahnya Pemandangan Kampung

Bagian paling menarik dari Kampung Pelangi Semarang tentu saja pemandangan kampung yang berwarna-warni dari cat yang ada di rumah-rumah warga. Pemungkiman mereka menjadi kian menarik sebab penggunaan cat yang berwarna cerah, seperti merah, kuning, hijau, ungu, pink, dan lainnya yang menyerupai warna pelangi.

Hampir di setiap sisi kampung memiliki warna yang mencolok dan mampu menarik perhatian mata yang memandangnya. Tak cukup sampai disitu saja, kamu juga akan menjumpai hiasan seperti payung gantung, bendera, dan pernak-pernik lainnya yang ikut meramaikan pemandangan kampung.

Suasana Kampung Pelangi Semarang yang dulunya terkenal kumuh dan kotor, saat ini sudah tak nampak lagi di kawasan ini. Semuanya sudah berganti menjadi perkampungan yang bersih, indah, dan cantik. Tak tanggung-tanggung di bagian pintu masuk kampung juga diberi warna menarik di tiap sisinya.

Mulai dari pintu masuk kampung, kamu bisa melihat bangunan rumah yang berada di lereng bukit terlihat berdempetan indah dengan warna yang cerah. Kampung Pelangi Semarang menjadi destinasi unik dan menarik yang bisa kamu sambangi saat liburan di Kota Semarang.

 

  • Berkeliling Kampung

Tentu kurang sempurna jika kamu hanya sekadar mampir dan melihat bagian pintu masuk kampungnya saja. Kamu wajib banget untuk menjelajahi setiap sudut Kampung Pelangi Semarang.

Kampung wisata satu ini tak hanya terlihat indah dari luarnya saja, keberadaan jalanan kecil yang ada di dalam perkampungan juga memberikan pemandangan yang tak kalah kerennya.

Jalan kavling yang tertata rapi ini sangat mudah untuk dilalui dengan berjalan kaki. Tak hanya itu saja, disini juga banyak kursi taman yang disediakan bagi para wisatawan yang berkunjung. Kamu bisa memanfaatkan kursi-kursi tersebut untuk beristirahat setelah puas berkeliling.

Saat berkunjung ke Kampung Pelangi Semarang, jangan lupa untuk mampir ke salah satu sisi kampung. Disana kamu bisa menemukan sebuah taman cantik yang bernama Taman Kasmaran. Taman ini seringkali menjadi tempat para pasangan bersantai dan menikmati pemandangan kampung dari atas.

Ada salah satu hal menarik dari Taman Kasmaran ini, yaitu kamu akan menjumpai kumpulan gembok cinta yang melambangkan ikatan cinta abadi sepasang kekasih. Tak sedikit pengunjung yang datang yang merasa penasaran dan mencoba menuliskan namanya dan pasangan di gembok untuk membuktikan mitos tersebut.

 

  • Menikmati Karya Seni

Saat menjelajahi Kampung Pelangi Semarang, kamu akan banyak menjumpai lukisan dan mural yang ada di dinding-dinding rumah. Mural ini dibuat langsung oleh masyarakat sekitar dengan berbagai macam gambar, seperti wayang, sayap, tokoh kartun, dan masih banyak lainnya.

Tak hanya mural saja, di beberapa bagian dinding rumah juga kamu akan melihat gambar-gambar yang dilukis dengan efek 3D sehingga menciptakan hasil yang unik. Misalnya saja seperti gambar ikan yang tumpah, tebing jurang dalam, dan efek lainnya.

Demi melestarikan lingkungan, Kampung Pelangi Semarang juga memanfaatkan sampah daur ulang menjadi sebuah hiasan yang cantik. Botol-botol plastik, bola bekas, dan potongan bambu disulap menjadi sebuah karya seni untuk menghias kampung.

Berbagai hiasan dan pernak-pernik menarik yang dihadirkan menjadikan kampung wisata ini semakin menarik. Kamu akan mendapatkan pengalaman baru menikmati karya seni hasil karya warga Kampung Pelangi Semarang.

 

  • Berfoto di Spot Menarik

Keunikan Kampung Pelangi Semarang sangat sayang jika kamu lewatkan, terlebih lagi tempat wisata di Semarang ini menyediakan banyak spot foto menarik yang bisa kamu cobain langsung. Bahkan keindahan kampung wisata ini sudah diakui oleh media dunia dan sempat viral di beberapa media sosial lho.

Gambar mural yang unik ini bisa kamu jadikan sebagai background foto yang menarik dan kekinian. Begitu juga dengan lukisan 3D yang seperti nyata, menambah hasil fotomu semakin interaktif dan keren.

Kamu bisa berfoto di jembatan pintu masuk kampung atau di Taman Kasmaran yang mempunyai ratusan gembok. Tak hanya itu hiasan seperti payung yang digantung juga membuat fotomu semakin menawan.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai properti yang ada sebagai pendukung fotomu, seperti berbagai jenis bunga yang disediakan disana.

 

  • Wisata Kuliner dan Berburu Souvenir

Selain menjadi kampung wisata kekinian, Kampung Pelangi Semarang juga menawarkan wisata kuliner bagi para wisatawan yang berkunjung. Disini kamu akan menjumpai beberapa rumah warga yang menyediakan jajanan dan makanan khas Semarang dan khas Kampung Pelangi.

Misalnya saja es mambo yang beraneka warna dan rasa yang bisa kamu jadikan sebagai solusi untuk melepas dahaga setelah lelah berkeliling. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa mencoba jajanan lainnya seperti roti, gorengan, dan jajanan lain yang dijual oleh warga sekitar.

Sebelum pulang, jangan lupa untuk berbelanja berbagai souvenir dan pernak-pernik khas Kampung Pelangi. Disini banyak toko yang menjual souvenir unik, seperti celengan warna-warni.

Di sekitar kawasan kampung juga banyak toko-toko bunga yang menawarkan berbagai jenis bunga yang cantik dan beraneka warna. Mengunjungi Kampung Pelangi Semarang mungkin bisa jadi pilihan berlibur kamu murah dan tepat.

 

Jika kamu tak ingin direpotkan dengan akomodasi perjalanan saat pergi berlibur ke Semarang, kamu bisa memanfaatkan layanan travel dari biro perjalanan yang terpercaya. Yuk segera pesan dan dapatkan harga yang menarik dari paket perjalanan yang tersedia.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *