12 Wisata Malam Semarang, Cocok Untuk Penghilang Penat, Dijamin Seru!

Rekomendasi Wisata Malam Semarang Terpopuler Wajib Dikunjungi

Sama seperti Jogja, Semarang juga memiliki wisata malam yang tak kalah keren lho.

Menjelajahi wisata malam Semarang mungkin akan memberikan kamu pengalaman baru yang menyenangkan. Terlebih lagi ketika kamu sudah sepekan terakhir disibukan dengan aktivitas sehari-hari.

Disini, kamu bisa menjumpai berbagai tempat wisata di Semarang yang menarik tentunya. Tak hanya saat siang hari saja, kamu juga bisa menjajal wisata malam Semarang yang akan memanjakan kamu di akhir pekan.

Misalnya saja seperti berkunjung ke Kota Lama Semarang, nongkrong di kawasan Simpang Lima Semarang, kulineran di Pecinan Semarang, hingga menjelajahi wisata terlengkap Saloka Theme Park.

Kamu bisa mengajak keluarga atau teman terdekatmu untuk mengunjungi tempat-tempat ini lho. Wisata malam Semarang ini juga tergolong ramah di kantong, terutama bagi pelajar dan mahasiswa.

Eits murah tapi tak murahan tentunya. Tempat-tempat ini bahkan sangat populer di kalangan wisatawan dan terlihat semakin estetik jika dikunjungi saat malam hari.

Tertarik untuk mencobanya?

Sebelumnya yuk simak dulu beberapa rekomendasi tempat wisata malam Semarang yang bisa kamu sambangi untuk melepas penat di akhir pekan.

 

  • Kota Lama Semarang

Rekomendasi wisata malam Semarang pertama yang wajib banget kamu kunjungi yaitu Kota Lama Semarang.

Di kawasan ini, kamu akan disuguhkan dengan suasana Kota Semarang tempo dulu. Kota Lama Semarang juga merupakan wisata malam Semarang yang murah dan sangat populer.

Saat kamu mengunjungi destinasi wisata ini, kamu dapat berkeliling sambil menikmati suasana kota dengan nuansa vintage serta berfoto langsung di depan bangunan kuno yang semakin estetik ketika malam hari. Kamu juga bisa menyewa sepeda onthel untuk berkeliling agar tidak kelelahan saat berjalan kaki.

Di Kota Lama Semarang, kamu juga akan menjumpai cafe-cafe hingga pedagang kaki lima yang menjajakan makanan khas Semarang. Dijamin momen kamu kesini akan terasa makin berkesan dan menyenangkan hingga bikin kamu ketagihan untuk datang kembali.

 

  • Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu Semarang menjadi tempat wisata malam Semarang yang patut kamu kunjungi.

Bangunan ini merupakan bekas kantor perkeretaapian pada masa Kolonial Belanda. Tak cukup sampai disitu saja, Lawang Sewu Semarang juga memiliki aura mistis yang berbeda saat malam tiba.

Terlepas dari kisahnya yang konon angker, keindahan wisata malam Semarang ini sangat cocok untuk kamu melepas penat di akhir pekan. Disini kamu akan menyaksikan lampu-lampu yang menerangi ratusan pintu dan jendela besarnya sehingga memberikan kesan eksotis dan estetik di lensa kamera.

Kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 20.000,00 saja untuk dapat berkeliling bangunan Belanda. Jika kamu ingin sensasi yang lebih menantang, kamu bisa menyambangi area ruang bawah tanahnya yang terkenal angker dan pernah menjadi tempat uji nyali di televisi.

Tenang, disini kamu akan dipandu oleh guide yang akan menemanimu berkeliling sambil menjelaskan kawasan Lawang Sewu Semarang.

Kamu bisa menggunakan layanan travel kami untuk mengantarkanmu ke tempat wisata di Semarang yang populer ini.

 

  • Taman Indonesia Kaya

Ingin pergi ke wisata malam Semarang yang buka selama 24 jam? Yuk coba singgah ke Taman Indonesia Kaya. Taman ini terletak di Jalan Menteri Supeno Simpang Lima Semarang dan merupakan pusat berbagai aktivitas budaya.

Saat berkunjung ke taman ini, kamu akan disuguhkan oleh sejumlah pertunjukan yang bisa kamu saksikan langsung di area panggung taman. Pertunjukan ini juga diselenggarakan di waktu-waktu tertentu lho.

Menjelang petang, lampu-lampu di area taman dan sekitarnya akan mulai menyala. Ditambah pertunjukan air mancur menari yang membuat suasana Taman Indonesia Kaya semakin indah dan meriah.

Taman Indonesia Kaya juga merupakan tempat  rekreasi yang ramah anak lho. Destinasi wisata yang satu ini juga memiliki patung berbagai karakter wayang serta gambar mural yang ada di dinding tembok.

Mural-mural inilah yang menjadi salah satu spot foto paling menarik dan favorit bagi para wisatawan yang berkunjung.

 

  • Tugu Muda Semarang

Tempat wisata di Semarang lainnya yang buka selama 24 jam yaitu Tugu Muda Semarang. Wisata malam Semarang yang satu ini juga tak kalah menariknya dengan destinasi wisata Lawang Sewu Semarang.

FYI, salah satu tugu bersejarah di Semarang ini dibangun pada tahun 1953 lho. Tugu ini merupakan monumen yang dibangun untuk mengenang perjuangan para pahlawan.

Jika kamu perhatikan, Tugu Muda Semarang ini memiliki bentuk yang menyerupai sebuah lilin dengan api menyala yang melambangkan semangat perjuangan yang tak pernah padam.

Banyak bagian dari sejarah Tugu Muda Semarang yang menarik untuk dipelajari. Fasilitas publik yang ada di sekitarnya pun saat ini sudah cukup tertata dengan rapi, sehingga akan membuat kamu dan para pengunjung lainnya lebih nyaman ketika berjalan-jalan disini.

Gimana? Kamu tertarik?

 

  • Simpang Lima Semarang

Ingin tempat nongkrong seru yang buka 24 jam? Ada Simpang Lima Semarang  yang menjadi wisata malam Semarang dan cocok untuk jalan-jalan dari pagi hingga malam hari.

Simpang Lima Semarang ini merupakan kawasan alun-alun Kota Semarang yang didalamnya tersedia berbagai fasilitas publik.

Disini, kamu bisa duduk-duduk santai sambil menikmati kuliner malam Semarang yang lezat dan murah tentunya. Jika kamu menyusuri sepanjang jalan Simpang Lima, kamu akan banyak menjumpai para pedagang kaki lima yang sibuk menjajakan dagangannya.

Tak hanya itu, fasilitas publik lainnya yang bisa kamu manfaatkan yaitu wahana bermain untuk anak-anak. Jadi si kecil bisa puas bermain di area ini.

Kamu juga menyewa sepeda yang dihiasi lampu warna-warni agar tidak kelelahan saat berkeliling alun-alun. Lokasi ini sangat strategis lho dan berdekatan dengan Taman Indonesia Kaya, Citraland Mall, dan Pujasera Simpang Lima Semarang.

Baca juga mall Semarang.

 

  • Kawasan Pecinan Semarang

Pecinan Semarang menjadi wisata malam Semarang lainnya yang patut kamu singgahi. Kawasan ini juga menjadi surganya jajanan enak yang tak kalah populer dengan Warung Semawis.

Baca juga makanan Semarang

Destinasi kuliner malam Semarang  ini sangat terkenal berkat konsep street food-nya yang menarik dan menyajikan puluhan stand jajanan khas dari seluruh Asia.

Disini kamu akan mudah sekali menjumpai berbagai jenis makanan, mulai dari yang halal hingga non halal. Harga jajanan pinggir jalan disini pun sangat ramah di kantong lho, yaitu berkisar antara Rp 5.000,00 hingga Rp 50.000,00 saja per porsinya.

Sayangnya, kawasan ini hanya dibuka pada hari tertentu saja atau saat akhir pekan yaitu di hari jumat, sabtu dan minggu, mulai pukul 17.00 hingga pukul 22.00 WIB. Jadi pastikan untuk membuat rencana yang matang sebelum kamu berkunjung ke kawasan Pecinan Semarang.

 

  • Banjir Kanal Barat

Kurang lengkap rasanya kalau datang ke Semarang tapi tak mengunjungi wisata malam Semarang yang satu ini. Ya Banjir Kanal Barat. Banjir disini tak seperti bencana banjir di Ibukota lho yaaaa.

Banjir Kanal Barat juga dikenal sebagai salah satu tempat romantis di Semarang terutama pada malam hari. Kawasan ini semakin mempesona setelah mengalami renovasi serta beberapa tambahan lampion warna-warninya.

Tak cukup sampai disitu saja, tempat wisata di Semarang ini juga menyuguhkan pertunjukan dancing fountain yang akan membuat malam kamu semakin berkesan dan berwarna. Kamu bisa menyewa perahu untuk menikmati atraksi air mancur menari secara lebih dekat.

Setelah itu, kamu juga bisa menyusuri sungai di kawasan ini yang memiliki panjang sekitar 4 kilometer.

Di kawasan Banjir Kanal Barat juga sudah tersedia sejumlah tempat duduk yang ada di sekitar pinggir sungai dan bisa kamu gunakan untuk duduk-duduk santai.

 

  • Masjid Agung Jawa Tengah

Masih dekat dengan kawasan Simpang Lima Semarang, jangan lupa untuk menyambangi Masjid Agung Jawa Tengah yang megah dan memiliki arsitektur yang menyerupai Masjid Nabawi.

Masjid satu ini merupakan wisata malam Semarang yang patut dikunjungi karena keindahan dan kemegahan bangunannya, terutama saat malam hari. Gemerlap lampu yang menghiasi sisi bangunanya semakin menambah keindahan tempat ini. Dijamin kamu bakalan terpesona dan betah untuk berlama-lama disini.

Baca juga Fatimah Zahra Semarang

Ciri khas masjid ini tak hanya dari payung yang ada di pelataran masjid saja, namun karena keberadaan menara tak kalah kerennya. Tak hanya itu saja, kamu juga dapat menyaksikan pemandangan Kota Semarang dari atas menara Al Husna yang ada di area Masjid Agung Jawa Tengah.

Wisata malam Semarang gratis ini bisa kamu kunjungi kapanpun kamu mau karena dibuka untuk umum selama 24 jam.

 

  • Klenteng Sam Poo Kong

Wisata malam Semarang yang menarik lainnya yaitu Klenteng Sam Poo Kong. Tempat wisata di Semarang yang satu ini menjadi destinasi wajib bagi para wisatawan yang sedang menghabiskan akhir pekan di Semarang.

Klenteng Sam Poo Kong terletak di kawasan Pecinan Semarang. Kemegahan bangunan ini sangat khas dan semakin tampak menarik saat malam hari.

Lampu-lampu yang menyala akan semakin nampak jelas berkat arsitektur bangunan dan warna merah pada interior klenteng.

Agar kamu semakin puas, sebaiknya kamu datang saat sore menjelang matahari terbenam. Pasalnya dari tempat ini kamu bisa menyaksikan momen sunset yang cantik dan bisa diabadikan langsung dengan lensa kamera.

 

  • Saloka Theme Park

Ingin pergi ke wisata malam Semarang yang kekinian? Yuk cobain untuk datang ke Saloka Theme Park.

Saloka Theme Park Semarang merupakan salah satu theme park terbesar yang ada di Jawa Tengah lho. Keren bukan?

Tempat wisata di Semarang yang satu ini berlokasi di Gumuksari dan berdekatan dengan destinasi wisata Rawa Pening yang ramai dikunjungi terutama bagi wisatawan yang ingin menyaksikan fenomena matahari terbenam.

Khusus saat akhir pekan atau pada hari jumat sampai dengan sabtu, Saloka Semarang dibuka hingga pukul 20.00 WIB. Meskipun malam hari, namun para pengunjung disini masih diperbolehkan untuk menaiki wahana lho.

Yang menjadikan tempat wisata ini istimewa yaitu adanya Baru Klinting Show. Baru Klinting Show merupakan pertunjukan legenda Rawa Penting yang dikemas dengan menggunakan teknologi dancing fountain, water screen, laser serta lighting yang menambah kesan spektakuler.

 

  • Angkringan Kampung Kawi

Bosan dengan wisata malam Semarang yang hanya sekadar nongkrong? Ingin mencicipi makanan khas Semarang dengan suasana yang berbeda? Yuk datang segera ke Angkringan Kampung Kawi.

Angkringan yang satu ini dibuka mulai sore hari hingga malam hari. Letaknya ada di daerah Sukorejo, Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Angkringan ini memiliki suasana yang berbeda dengan angkringan pada umumnya. Kamu bisa menikmati makanan lezat yang sudah dipesan dalam suasana remang-remang yang diterangi oleh lampu minyak khas pedesaan.

Meskipun suasananya sedikit gelap, namun kamu dijamin akan betah berlama-lama, apalagi disini banyak disediakan berbagai pilihan menu makanan dan minuman.

Tidak perlu khawatir merasa kesepian. Disini juga ada pentas pertunjukan lho, seperti tari-tarian, ketoprak, wayang, atau baca puisi. Menyantap makanan sambil menonton ragam pertunjukan mungkin bisa jadi pengalaman baru kamu yang unik.

Kamu tertarik?

 

  • Dusun Semilir

Tak hanya Saloka Semarang saja, tempat wisata di Semarang yang dibuka sampai malam terutama saat weekend yaitu Dusun Semilir.

Destinasi wisata yang satu ini terletak di Jalan Soekarno-Hatta No. 49, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Saat berkunjung ke Dusun Semilir, kamu akan menjumpai berbagai wahana seru yang berkonsep alam serta seni modern. Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati wisata kuliner serta berbelanja oleh-oleh makanan khas Semarang disini.

Adanya hiasan lampu lampion menambah kesan estetik dan cocok untuk diabadikan sebagai foto yang instagramable.

Mulai dari dekorasinya yang meriah, arsitektur, hingga sungai yang ada di area ini menambah keindahan serta menyuguhkan liburan seperti di luar negeri.

 

Itulah beberapa destinasi wisata malam Semarang yang bisa kamu kunjungi saat akhir pekan sambil melepas penat. Dijamin waktu liburanmu akan semakin sempurna.

Kamu bisa menginap di hotel dekat Simpang Lima Semarang bersama keluarga. Keesokan harinya kamu juga bisa mencoba berbagai wisata alam Semarang yang keren dan seru.

Sebelum pulang juga jangan lupa untuk mampir ke mall Semarang atau pergi ke Pasar Johar Semarang untuk membeli beberapa oleh-oleh khas Semarang, misalnya makanan khas Semarang, seperti lumpia atau wingko babat.

Gunakan layanan travel dari kamu yang akan mempermudah akomodasi perjalanan kamu. Kamu bisa bebas berkeliling Kota Semarang dan sekitarnya sambil melakukan aktivitas seru lainnya. Dapatkan harga menarik untuk setiap paket perjalanan yang tersedia. Dijamin liburan kamu akan semakin menyenangkan disini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *