Menelisik Sejarah Kota Lama Semarang dan 7 Keajaiban Little Netherland

Menjelajahi Lorong Waktu Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang merupakan destinasi wisata paling populer yang ada di ibukota Jawa Tengah. Kawasan ini juga menjadi salah satu tujuan yang wajib dikunjungi saat liburan di Kota Semarang.

Kota Lama Semarang bahkan menyaingi kepopuleran wisata Lawang Sewu dan Klenteng Sam Poo Kong.

Baca juga tempat wisata di Semarang

 

Tempat ini sangat terkenal berkat bangunan-bangunannya yang kental dengan nuansa Eropa dan merupakan ciri khas dari kawasan ini.

Komplek Kota Lama Semarang sudah ada sejak tahun 1700-an dan menjadi salah satu pusat pemerintahan Belanda pada masa kolonialisme lho.

Tak heran jika orang-orang memberi julukan kawasan Kota Lama sebagai Little Netherland berkat gaya bangunanya yang khas dan berbeda dari daerah lainnya.

Dulunya kawasan Kota Lama Semarang merupakan sebuah bagian benteng seluas 31 hektar yang dikenal dengan nama Benteng Vijhoek. Benteng ini dibangun mengelilingi komplek tempat tinggal Belanda sebagai salah satu bentuk pertahanan dan perlindungan pada masa penjajahan.

Setelah Indonesia merdeka, kawasan Kota Lama Semarang menjadi salah satu cagar budaya terluas yang ada di Kota Semarang. Terdapat sekitar 50 lebih bangunan lama yang masih berdiri kokoh bahkan masih difungsikan hingga saat ini.

Untuk informasi lebih lengkapnya, yuk simak penjelasan berikut ini.

 

Seputar Sejarah Kota Lama Semarang

Tak salah jika kawasan yang saat ini menjadi destinasi wisata terkenal dijuluki sebagai Little Netherland. Pasalnya Kota Lama Semarang memiliki bangunan-bangunan yang bergaya arsitektur Eropa tahun 1700-an.

Bangunan-bangunan yang masih kokoh berdiri ini merupakan saksi bisu sejarah masa kolonial Belanda. Tak hanya bangunannya saja, kanal-kanal air yang dibangun pemerintah Belanda juga masih ada hingga saat ini.

Jika kamu berkunjung ke tempat wisata di Semarang ini, kamu akan menemukan banyak ikon-ikon Kota Semarang yang sangat tersohor, seperti Gereja Blenduk, pabrik rokok, stasiun, dan masih banyak lainnya tentunya dengan ciri khas gaya Eropa zaman dulu.

Kota Lama Semarang sudah ramai sejak abad ke-17. Pada masa itu, kawasan ini merupakan salah satu pusat perdagangan di Indonesia.

Hingga akhirnya pada abad ke-18 dan abad ke-19, banyak pedagang Cina dan Arab yang mulai berdatangan sehingga memenuhi kawasan ini.

Kota Lama Semarang merupakan sebuah blok kawasan yang terletak di tepi Sungai Mberok. Secara administratif, kawasan ini terletak di wilayah Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Tertarik untuk wisata edukasi di Kota Lama Semarang? Kamu bisa melakukan perjalanan mulai dari Monod Diephuis, Gereja Blenduk, Jembatan Berok, Jalan Empu Tantular, Marabunta, menelusuri Jalan Letjen Suprapto, lalu kembali ke titik awal.

 

Kunjungi Marabunta Semarang

 

Lokasi dan Rute Menuju Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang terletak di Kecamatan Semarang Utara, tepatnya di tepi Sungai Mberok dan masih termasuk wilayah Tanjung Mas, Kota Semarang.

Tempat wisata yang satu ini berada di lokasi yang strategis, sehingga mudah dijangkau dari manapun.

Kamu bisa menjangkau kawasan ini baik dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Jika kamu memilih angkutan umum, kamu bisa menggunakan kereta dan turun di Stasiun Tawang Semarang. Dari tempat itu saja kamu sudah memasuki kawasan Kota Lama Semarang secara tidak langsung.

Kalau ingin lebih mudah lagi, kamu bisa menggunakan layanan travel dari kami yang akan membantu kamu mengelilingi kawasan wisata Kota Lama sekaligus pergi ke wisata populer lainnya yang ada di Semarang.

Baca juga wisata alam Semarang 

 

Jam Operasional Kota Lama Semarang

Pada dasarnya, kawasan Kota Lama Semarang selalu terbuka selama 24 jam tanpa adanya jam operasional tertentu. Hanya saja tempat ini akan semakin ramai oleh para pengunjung menjelang sore hari dan pada saat hari libur.

Meskipun terbuka selama seharian suntuk, namun beberapa wahana dan objek wisata yang ada di kawasan ini tidak selalu serta merta dibuka 24 jam. Pada umumnya objek wisata tersebut akan dibuka mulai pukul 08.00 hingga pukul 21.00 WIB saja. Jadi pastikan kamu mengecek jam bukanya terlebih dahulu.

Untuk menikmati semua wahana, sebaiknya kamu datang antara pukul 10.00 hingga pukul 16.00 WIB. Pada waktu-waktu tersebut sebagian besar tempat wisata yang ada di kawasan Kota Lama Semarang masih beroperasi.

 

Tiket Masuk Kota Lama Semarang

Untuk bisa menikmati keindahan Kota Lama Semarang, kamu tidak akan dikenakan tiket masuk alias gratis lho.

Namun, jika kamu ingin menikmati wahana atau masuk ke objek wisata lainnya, mungkin kamu akan dikenakan tarif masuk. Tenang, harga tiket masuknya masih sangat terjangkau kok, Jadi kamu tak perlu merogoh kocek dalam-dalam.

Simak daftar harga tiket masuk wahana dan objek wisata di Kawasan Kota Lama Semarang.

 

RetribusiHarga Tiket
Tiket MasukGratis
Gereja BlendukRp 10.000,00
3D Trick Art MuseumRp 40.000,00
Contemporary Art GalleryRp 10.000,00
Sewa SepedaRp 25.000,00
Sewa OtopedRp 10.000,00
Sewa VespaRp 25.000,00 per putaran
Menu Cafe Spiegel Rp 45.000,00 – Rp 150.000,00
Taman Lampion Kota LamaRp 15.000,00 – Rp 20.000,00
Ice Cream WorldRp 30.000,00
Tour GuideRp 75.000,00
Parkir MotorRp 5.000,00
Parkir MobilRp 10.000,00

 

Harga dalam daftar tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan dari pengelola masing-masing. Kamu bisa jadikan harga-harga tersebut sebagai acuan sebelum mengunjungi Kota Lama.

 

Setelah puas berkeliling menjelajahi kawasan wisata Kota Lama Semarang, selanjutnya kamu bisa mengunjungi Spiegel Semarang  untuk mengisi perut kamu. Tentang, resto ini masih berada di kawasan Kota Lama. Bangunannya yang khas zaman kolonial, memudahkan kamu untuk menemukan tempat ini.

 

Keajaiban dan Daya Tarik Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang selalu jadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh siapa saja yang datang ke kota ini. Tak jarang karena keunikannya yang ajaib, menjadikan kawasan ini selalu punya cara tersendiri untuk menarik pengunjung. Nah beberapa tempat ini tak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Kota Lama.

 

  • Gereja Blenduk, saksi bisu sejarah

Gereja Blenduk merupakan salah satu saksi bisu sejarah langsung perkembangan Kota Semarang dan telah berdiri sejak tahun 1753.

Bangunan ini memiliki nama asli Nederlandsch Indische Kerk dengan arsitekturnya yang unik khas masa penjajahan.

Pada bagian atapnya berbentuk setengah lingkaran seperti kubah masjid dengan warna merah. Berkat bentuknya inilah, gereja ini lebih dikenal dengan nama Gereja Blenduk dan saat ini menjadi landmark paling terkenal di kawasan Kota Lama Semarang.

 

  • Duduk santai di Taman Srigunting

Tak jauh dari Gereja Blenduk, kamu akan menemukan taman indah yang bernama Taman Srigunting.

Taman ini merupakan area terbuka hijau yang ada di Kota Lama Semarang.

Pohon-pohon rindang dengan berbagai fasilitas pendukung lainnya menjadikan tempat ini cocok untuk bersantai.

Awalnya taman ini merupakan area pemakaman umum. Namun setelah semua makam dipindahkan, lahan kosong ini dialih fungsikan menjadi sebuah taman yang cantik dan asri.

Bagi para wisatawan yang akan melakukan tour wisata sejarah, biasanya mereka akan menjadikan taman ini sebagai titik awal pertemuan.

 

  • Sensasi foto unik di 3D Trick Art Museum

Museum ini merupakan salah satu tempat wisata favorit para wisatawan yang berkunjung ke kawasan Kota Lama.

3D Trick Art Museum mulai beroperasi sejak 2016 lalu. Museum ini memiliki lebih dari 100 foto 3D yang bisa dieksplor oleh pengunjung.

Kamu bisa berswafoto disini dengan berbagai background unik yang seakan terlihat nyata.

Letak museum ini hanya sekitar 50 meter saja dari Gereja Blenduk dan Taman Srigunting.

  • Melihat karya seni di Semarang Contemporary Art Gallery

Meskipun tempat ini seperti bangunan lama, namun di bagian dalam gedung Semarang Contemporary Art Gallery memiliki desain yang modern.

Disini kamu bisa melihat berbagai karya seni yang dipamerkan dari seniman dalam dan luar negeri, seperti lukisan, patung, foto, hingga kriya.

Agar pengunjung yang datang tidak merasa bosan, koleksi di galeri ini selalu di rotasi dalam rentang waktu tertentu.

Tak cuma itu, berbagai komunitas juga diperbolehkan untuk melakukan pameran atau pementasan seni di tempat ini lho. Seru bukan?

 

  • Berswafoto di Bangunan Bergaya Eropa

Hal yang tak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke kawasan Kota Lama Semarang yaitu berfoto di tengah bangunan kuno yang bergaya arsitektur Eropa.

Kamu bisa mengambil gambar di beberapa bangunan lama yang masih berdiri kokoh, seperti Cafe Spiegel Semarang, Pabrik Praoe Lajar, dan Kantor Pos.

Kebanyakan dari bangunan-bangunan ini masih difungsikan dan beroperasi dengan baik.

Jika ingin suasana yang lebih otentik, kamu juga bisa mengunjungi bangunan tua yang terbengkalai lainnya agar mampu memberikan cerita dan kesan unik tersendiri.

  • Kunjungi Lorong Waktu, Pasar Klitikan

Suka mengoleksi barang antik? Jangan lewatkan kesempatan untuk mampir ke Pasar Klitikan. Pasar ini menyediakan berbagai pernak pernik barang tempo dulu.

Di tempat ini kamu bisa menemukan berbagai barang, seperti hiasan mobil, perangko, hingga mobil-mobil antik.

Harga yang ditawarkan pun bervariatif. Bahkan relatif lebih murah, terutama bagi para kolektor barang tertentu.

Pasar Klitikan selalu ramai dikunjungi, baik oleh warga lokal maupun wisatawan luar untuk berbelanja atau hanya sekadar berswafoto dengan barang-barang unik.

 

  • Tour Bersepeda

Buat kamu yang tak ingin lelah berjalan kaki mengelilingi kawasan Kota Lama Semarang, kamu bisa menyewa sepeda onthel yang ada di Gedung Popo, tepatnya di bagian Tourist Information.

Disini tak hanya menyewakan sepeda saja, namun petugas juga akan menawarkan guide untuk menemani perjalanan kamu sambil menjelaskan sejarah tiap-tiap bangunan yang dilewati.

Kamu bisa bebas berkeliling menyusuri gang-gang sempit Kota Lama Semarang untuk mengeksplorasi lebih jauh bangunan-bangunan tua nan unik yang ada. Jika bosan dengan sepeda, disini juga tersedia kendaraan lainnya dan kamu juga bisa sewa motor vespa atau skuter lho.

 

Untuk kelancaran liburan kamu di Kota Lama Semarang, kami merekomendasikan agar menggunakan layanan travel kami untuk memudahkan perjalanan kamu. Liburan kamu akan lebih nyaman, aman, dan hemat dengan adanya paket perjalanan yang kami tawarkan.

Kamu tertarik? Yuk segera kunjungi destinasi wisata Kota Lama Semarang.

 

Baca juga tempat wisata di Semarang

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *