Pantai Tirang Semarang, 5 Tips Liburan Menyenangkan

Pantai Tirang Semarang, Destinasi Wisata dengan Suguhan View Sunset

pantai tirang semarang

Tak kalah dengan Pantai Marina, Pantai Tirang Semarang juga menjadi destinasi wisata yang perlu kamu kunjungi. Pasalnya, pantai ini akan menyajikan pemandangan yang tak kalah cantik, terlebih saat menjelang matahari terbenam.

Pantai Tirang Semarang menjadi destinasi wisata favorit masyarakat Ibu Kota Jawa Tengah. Di pantai ini, pengunjung bisa bermain air di bibir pantai sekaligus menikmati keindahan sunset.

Gunakan juga jasa travel dari http://bornrich.com

Sekilas Tentang Pantai Tirang Semarang

Pantai Tirang Semarang awalnya merupakan sebuah pulau yang bernama Pulau Tirang. Sempat menjadi ikon Kota Semarang berkat keindahan alam beserta flora dan faunanya, Pantai Tirang Semarang menjadi destinasi yang ramai dikunjungi.

Bukan cuma itu, konon pulau ini juga pernah menjadi pusat studi bagi para peneliti yang berasal dari Belanda dan Jepang perihal budidaya ikan bandeng serta tata kelola pohon bakau.

Fenomena abrasi yang hebat menjadikan keberadaan Pulau Tirang kini menghilang dan hanya menyisakan garis pantai yang saat ini dikenal dengan sebutan Pantai Tirang. Abrasi tersebut yang lambat laun mengikis sebagian dari Pulau Tirang.

Meskipun begitu, tempat wisata Pantai Tirang Semarang justru menjadi tempat wisata baru yang memiliki daya tarik tersendiri. Berbagai kegiatan seru bisa dilakukan di pantai ini. Misalnya berenang, main ombak, memancing, hingga berburu sunset.

 

Berminat untuk mengunjungi Pantai Tirang Semarang?Yuk simak lokasi, tiket masuk, jam buka hingga tips menikmati liburan di Pantai Tirang Semarang.

 

Lokasi Pantai Tirang Semarang

Objek wisata Pantai Tirang Semarang berada tidak jauh dari destinasi wisata Pantai Maron. Kedua tempat ini hanya dibatasi oleh aliran muara Sungai Silandak.

Lokasi Pantai Tirang Semarang cukup strategis dan sangat mudah untuk dijangkau para wisatawan. Pantai Tirang beralamat di Desa Tambakrejo, Tugurejo, Tugu, Kota Semarang.

Tempat wisata Pantai Tirang Semarang juga berada tidak jauh dari Bandara Internasional Ahmad Yani. Jaraknya yang masih relatif dekat, menjadikan tujuan wisata prioritas bagi sebagian besar wisatawan yang berasal dari luar Kota Semarang.

Jarak tempuh dari pusat kota menuju Pantai Tirang Semarang sekitar 13,3 km dengan waktu tempuh kurang lebih 32 menit saja.

Jalur utama menuju Pantai Tirang Semarang berupa jalur berbatu, sehingga hanya kendaraan bermotor atau mobil saja yang bisa melewati jalan tersebut.

Kamu bisa melalui jalan Mataram, menuju Jalan Pandanaran, selanjutnya masuk ke Jalan Mgr Sugiyopranoto, kemudian ke Jalan Jendral Sudirman, lalu menuju Jalan Siliwangi, baru ke Jalan Padma Boulevard, setelah itu masuk ke Jalan Adenia Raya, dan tak terakhir ke Jalan Pantai Tirang.

 

Tiket Masuk Wisata Pantai Tirang Semarang

Mau berkunjung ke Pantai Tirang Semarang? Eits tenang. Harga tiket disini masih sangat ramah di kantong.

Kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 5.000,00 per orang. Murah bukan?

Nah buat wisatawan yang membawa kendaraan, tentunya wajib membayar uang retribusi parkir. Harga tiket parkir juga masih sangat terjangkau.

Untuk kendaraan bermotor, cukup membayar Rp 2.000,00 saja per unit. Sedangkan bagi kamu yang membawa mobil, kamu bisa membayar sebesar Rp 5.000,00 per unit kendaraan.

Harga tersebut bisa saja mengalami kenaikan sewaktu-waktu. Misalnya saja saat akhir pekan atau libur nasional.

Jam Operasional Pantai Tirang Semarang

Objek wisata Pantai Tirang Semarang dibuka selama 24 setiap hari. Jadi kamu bisa bebas mau berkunjung kapan saja.

Tapi sebaiknya perhatikan waktu berkunjung saat ke pantai ini. Ada waktu-waktu tertentu untuk kamu datang dan menikmati liburan di Pantai Tirang Semarang.

Kamu bisa datang pagi hari saat matahari belum terik dan udara yang masih sejuk. Suasana pagi hari cocok untuk kamu menikmati keindahan pantai dengan jogging di sekitar pinggir pantai.

Atau mungkin, kamu bisa berkunjung saat sore hari atau menjelang matahari terbenam. Pemandangan sunset yang cantik bisa jadi latar belakang foto yang keren dan aesthetic.

 

Daya Tarik Pantai Tirang Semarang

  • Panorama Sunset

Pantai ini cocok untuk kamu yang ingin sekali menyaksikan view sunset. Keindahan sunset terbaik bisa kamu dapatkan di Pantai Tirang Semarang.

Pemandangan sunset serta lalu lalang pesawat di jalur landasan pacu bandara dapat menjadi pengalaman kamu yang takkan terlupakan.

Panorama sunset ini bisa kamu jadikan background foto yang keren.

  • Surganya Para Pemancing

Sama seperti Pantai Marina, di Pantai Tirang Semarang juga menjadi tempat favorit untuk pergi memancing.

Banyak sekali jenis ikan laut yang hidup di perairan ini. Tentunya, para pemancing ini bisa bebas memancing sepuasnya.

Tapi, khusus untuk udang dan lobster, sebaiknya kamu tidak mengambilnya, sebab hal itu bisa mengganggu keseimbangan ekosistem bakau.

  • Spot Foto Instagramable

Sebenarnya tidak ada yang sangat istimewa dari tempat ini. Masih sama seperti pantai-pantai di Jawa lainnya, Pantai Tirang Semarang menyuguhkan keindahan ombak laut yang tenang dan pasirnya yang lembut.

Panorama sunset mungkin bisa kamu jadikan spot foto yang menarik. Pasalnya kamu bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan matahari terbenam. Tak jarang, waktu sunset juga digunakan oleh pasangan pengantin yang tengah mengabadikan momen prewedding mereka.

  • Pohon Bakau dan Tambak Ikan

Jika berkunjung ke tempat ini, kamu akan disuguhi pohon-pohon bakau dan tambak-tambak milik warga sekitar.

Pemerintah memberi bantuan dalam pengadaan kawasan konservasi hutan mangrove guna mengurangi dampak abrasi pantai.Pohon bakau ini menambah kesan aesthetic sehingga pantai menjadi lebih indah dan hijau.

Ombak di Pantai Tirang Semarang yang relatif tenang, menjadikan tempat ini cocok untuk budidaya ikan di tambak. Kamu akan menyaksikan banyaknya kolam tambak milik warga setempat. Tak hanya itu, tambak-tambak ini juga menjadi mata pencaharian warga yang tinggal di sekitar Pantai Tirang Semarang.

  • Beragam Fasilitas di Pantai Tirang Semarang

Fasilitas di Pantai Tirang Semarang ini berupa area parkir yang luas, sehingga pengunjung bisa dengan leluasa memarkir kendaraan mereka. Tak tanggung-tanggung, tempat parkir ini bisa menampung banyak kendaraan, mulai dari kendaraan roda 2, roda 4, maupun bus pariwisata.

Di sekitar Pantai Tirang juga terdapat beberapa unit gazebo yang bisa kamu manfaatkan untuk beristirahat atau bersantai.

Tak usah cemas, disana juga terdapat beberapa warung yang menyediakan menu makanan untuk mengisi perut kosong kamu. Harganya pun masih cukup ramah di kantong.

 

Tips Liburan Menyenangkan di Pantai Tirang Semarang

  • Berkunjung saat pagi atau sore hari

Agar kamu bisa merasakan sensasi liburan seru di pantai, jangan lupa untuk memastikan waktu saat berkunjung.

Pilihlah waktu terbaik, misal saat pagi hari atau menjelang matahari terbenam. Jika kamu datang saat sore hari, kamu bisa ngabuburit sambil menyaksikan keindahan sunset yang menawan.

  • Camping di Pantai Tirang

Pihak pengelola Pantai Tirang memperbolehkan pengunjung untuk mengadakan kegiatan berkemah di pinggir pantai. Hanya saja, seluruh pengunjung yang ingin berkemah harus memenuhi aturan terlebih dahulu.

Pengunjung perlu mengantongi surat izin dari Polsek terlebih dahulu dan membayar jaminan kebersihan sebesar Rp 200.000,00. Tarif tersebut masih di luar tiket masuk kawasan Pantai Tirang Semarang.

  • Bawa perbekalan yang cukup

Nah buat kamu yang melakukan perjalanan yang jauh untuk sampai di Pantai Tirang, kamu perlu membawa perbekalan yang cukup agar tidak kelaparan saat diperjalanan.

Meskipun di tempat ini tersedia warung-warung yang menyediakan berbagai menu makanan dan minuman, tapi akan lebih baik jika kamu membawa makanan sendiri dari rumah. Selain karena lebih terjamin kebersihannya, kamu juga bisa menikmati makanan tersebut sampai puas.

Kamu dapat menggunakan fasilitas umum yang tersedia di sana seperti gazebo untuk beristirahat sambil menyantap makanan yang dibawa dari rumah.

  • Gunakan kamera memadai

Kalau sudah jauh-jauh ke pantai, jangan lupa untuk mengabadikan momen kamu dengan berswafoto.

Kamu bisa gunakan kamera atau ponsel pintar kamu untuk memotret. Pastikan saat kamu tengah berfoto, didukung dengan kamera yang canggih serta skill memotret yang mumpuni agar hasilnya tidak mengecewakan.

  • Pakai kacamata dan topi

Agar kamu tidak terkena teriknya sinar matahari secara langsung, kamu bisa gunakan topi untuk melindungi kulit kepala. Tak hanya itu, gunakan juga kacamata hitam agar mata bisa terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *