10 Wisata Terbaik Jogja Malam Hari, Cocok Untuk Nongkrong

Nongkrong di Wisata Terbaik Jogja Malam Hari? Ini tempatnya…

wisata terbaik jogja

Mungkin julukan kota yang tidak pernah tidur cocok diberikan pada kota yang satu ini. Jogja tak pernah kehabisan akal untuk terus hits. Semakin malam, Kota Jogja akan semakin ramai. Terlebih saat weekend tiba, wisatawan lokal bahkan dari luar kota akan berbondong-bondong untuk menghabiskan akhir pekan di kota pelajar ini. Misalnya saja di Alun-Alun Kidul. Menjelang senja, pedagang-pedagang tengah sibuk menata barang dagangannya. Kamu juga akan menemukan banyak muda mudi yang tengah asik nongkrong. Simak berikut wisata malam terbaik yang perlu kamu kunjungi.

  • Alun-Alun Kidul

Tempat ini selalu menjadi magnet, baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Setiap harinya, alun-alun kidul selalu dipadati oleh pengunjung. Menjelang senja, pedagang kaki lima akan berjejer dan siap menjajakan dagangannya. Kamu bisa memilih angkringan untuk kamu nongkrong bersama teman-temanmu. Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati beberapa atraksi dan permainan seperti bersepeda, menaiki kuda, atau berkeliling dengan sepeda hias. Di angkringan juga tersedia berbagai makanan wedang ronde, sate ayam, nasi kucing, gorengan, dan lainnya.

 

  • Bukit Bintang

Terletak diantara perbatasan dua kabupaten, yaitu Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunung Kidul, tempat ini cocok untuk kamu yang menyukai wisata malam. Pemandangan gemerlap lampu-lampu Kota Jogja yang indah dibarengi dengan ketenangan alam menambah daya tarik tersendiri. Bukit Bintang cukup populer di kalangan fotografer dan para pecinta foto selfie. Bangku-bangku kayu yang tersedia bisa kamu jadikan tempat untuk mengambil foto yang luar biasa.

 

  • Sendratari Ramayana Prambanan

Sendratari Ramayana merupakan salah satu pertunjukan tradisional yang sangat terkenal di Indonesia. Bagi kamu yang ingin berwisata malam sambil menikmati kebudayaan Kota Jogja, bisa menonton sendratari ini. Digelar di Ramayana Ballet Prambanan, pertunjukan ini menggabungkan tarian, drama dan alunan musik. Sendratari Ramayana menceritakan tentang kisah klasik Ramayana dalam mitologi Hindu dengan tokoh utama Rama dan Shinta.

 

  • Angkringan Joss Lik Man

Jogja terkenal sekali dengan angkringannya. Angkringan Joss Lik Man bisa jadi salah satu tempat yang kamu kunjungi. Warung kaki lima ini terkenal di Jogja. Letaknya yang berada di pusat kota, tepatnya di Jalan Malioboro, menambah kesan asik untuk jadi tempat nongkrong bersama kawan-kawan. Menu andalannya adalah kopi joss. Terdiri dari segelas kopi hitam yang kemudian diberi arang panas ke dalamnya. Bunyi ‘joss’ yang berasal dari kopi dan arang panas itulah yang akhirnya menjadi asal muasal nama kopi joss. Tak hanya itu, angkringan ini juga menyediakan menu lainnya seperti nasi kucing, sate-satean, dan lainnya. Harganya yang terjangkau menarik siapa saja yang ingin berkunjung.

 

  • Tugu Jogja

Ikon Kota Jogja yang sangat terkenal. Tugu Jogja dibangun setinggi 10 meter dan terletak di pusat Kota Jogja, tepatnya di perempatan ramai. Dibalut dengan nuansa warna putih dan sentuhan keemasan menambah nilai eksotis dari bangunan ini. Terlebih saat malam hari, tugu ini dihiasi pencahayaan yang menambah kesan megah. Di sekitar tempat ini, kamu akan menemukan banyak warung kopi, cafe, dan penjual makanan ringan. Tugu Jogja bisa jadi latar belakang yang keren untuk kamu berfoto. Tak jarang, pertunjukan seni jalanan, musik, dan tarian tradisional juga ada di tempat ini.

 

  • Taman Pelangi

Beranjak ke Jalan Ring Road Utara, kamu bisa pergi ke Taman Pelangi. Terletak di kawasan Monumen Jogja Kembali (Monjali), tempat ini sangat mudah sekali untuk diakses. Suasana malam hari yang dihiasi berbagai lampion warna-warni memberi kesan artistik. Tak hanya itu, lampion-lampion yang digantung tersebut juga menambah kesan meriah. Bentuk lampion pun beragam, mulai dari bunga, tokoh pewayangan, hingga tokoh kartun. Kamu juga bisa berfoto di tempat ini dengan latar belakang keindahan lampion.

 

  • Tebing Breksi

Wisata malam lainnya yang bisa kamu kunjungi yaitu Tebing Breksi. Di tempat ini kamu bisa menikmati keunikan dari lampu-lampu yang dipasang di sisi-sisi tebing. Tebing ini pada awalnya merupakan tempat penambangan batu alam dan pada tahun 2015 diresmikan sebagai tempat wisata. Dari atas tebing, kamu bisa menikmati keindahan lanskap Jogja, seperti Candi Prambanan, Candi Barong, Candi Sojiwan, serta kemegahan Gunung Merapi.

 

  • Pinus Pengger

Suasana sejuk dan asri bisa kamu dapatkan dari tempat ini. Berbagai spot juga tersedia di tempat ini. Menjelang malam tiba, keindahan lampu-lampu Kota Jogja bisa kamu lihat dari ketinggian. Wahana yang ada di Pinus Pengger pun cukup unik. Dibangun dengan menggunakan kayu-kayu yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk satu kesatuan yang akhirnya menjadi ikon tempat wisata yang satu ini. Bahkan kamu akan menjumpai salah satu wahana yang berbentuk seperti telapak tangan yang terbuat dari kayu dan ranting-ranting pohon yang disatukan.

 

  • Jalan Malioboro

Ingin berwisata malam sekaligus berbelanja? Pergi ke kawasan Malioboro adalah solusinya. Berbagai pernak-pernik yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh, mulai dari batik, tas, dan lainnya. Tak hanya itu, kamu juga bisa mampir ke angkringan di sekitar Jalan Malioboro. Semakin malam, maka tempat ini akan semakin dipadati oleh pengunjung. Terlebih saat akhir pekan, mulai dari wisatawan lokal hingga mancanegara akan kamu jumpai disini. Kamu bisa duduk-duduk santai di tempat duduk yang terdapat di sepanjang jalan Malioboro. Tak jarang, kamu juga akan ditawari berbagai makanan atau cemilan yang dijual oleh para pedagang.

 

  • Puncak Becici

Hampir mirip dengan Hutan Pinus Pengger, Puncak Becici juga berada di kawasan hutan pinus dan masuk dalam wilayah RPH (Resort Pengelolaan Hutan) Mangunan. Keindahan city light bisa kamu dapatkan dari tempat ini.  Pepohonan yang sejuk dan asri dengan latar belakang Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Tak hanya itu, kalau kamu ingin menghabiskan waktu lebih lama di tempat ini, kamu juga bisa lho camping bersama kawan-kawan atau keluarga tercinta. Pengelola juga menyediakan tenda yang bisa kamu sewa langsung. Banyak pengunjung yang sengaja datang ke tempat ini untuk berburu sunset.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *