3 Keajaiban Brown Canyon Semarang, Wisata Alam Layaknya Arizona

Jelajahi Wisata Alam Brown Canyon Semarang, Uniknya Tuh Disini!

Jika Amerika punya ngarai besar yang bernama Grand Canyon, Indonesia juga punya lho!

Letaknya ada di Ibukota Jawa Tengah yang terkenal dengan sebutan Brown Canyon Semarang.

Brown Canyon Semarang ini merupakan salah satu wisata alam Semarang yang tak kalah cantiknya dari Grand Canyon yang ada di Amerika, namun dengan versi kearifan lokal. Tempat wisata ini mampu memanjakan mata para pengunjung dengan pemandangan alamnya yang amat mempesona.

Brown Canyon Semarang adalah satus wisata yang berupa tebing bebatuan dan begitu terlihat mencolok diantara hijaunya area perbukitan. Struktur tebing yang tinggi menambah kesan eksotis tersendiri.

Tuk simak informasi lebih lanjut mengenai Brown Canyon Semarang.

 

Asal Usul Lokawisata Brown Canyon Semarang

Brown Canyon Semarang merupakan sebuah wisata alam Semarang yang hits. Tempat ini pada mulanya adalah area pertambangan yang telah beroperasi kurang lebih selama 10 tahun. Brown Canyon Semarang tidak seperti Tebing Breksi lho. Tempat ini masih beroperasi hingga kini. Jadi jangan heran jika kamu akan menjumpai truk-truk besar penambang.

Lokasinya berada di Meteseh, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah. Saat ini, lokasi tersebut sudah lebih populer di telinga masyarakat sebagai tempat wisata di Semarang.

Jika kamu perhatikan, Brown Canyon Semarang sekilas terlihat sangat mirip dengan situs Grand Canyon yang ada di Arizona. Kemiripan antara kedua tempat ini dapat kamu lihat dari bukit-bukit yang kemudian berubah menjadi tebing-tebing yang tinggi dan berbentuk unik.

 

Lokasi Brown Canyon Semarang

Kawasan tebing Brown Canyon Semarang berada di sisi selatan Gedung TVRI Jawa Tengah, tepatnya terletak di Daerah Rowosari, Tembalang, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Kawasan Tembalang ini sangat terkenal dengan sebutan daerah kampus karena berdekatan dengan Universitas Diponegoro. Di area ini juga banyak sekali rekomendasi toko oleh-oleh khas Semarang, khususnya oleh-oleh tahu bakso yang enak dan gurih.

Baca juga makanan khas Semarang

Jika kamu hendak berkunjung ke tempat wisata eksotis ini, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil tipe SUV. Kamu bisa memulai perjalanan dari daerah Tembalang, lalu menuju Pucang Gading, dan kemudian ke arah Mranggen (Demak).

 

Kamu bisa menggunakan jasa travel dari kami yang akan mempermudah perjalanan kamu menuju Brown Canyon Semarang. Kamu bisa menjangkau kawasan ini dengan mengambil paket perjalanan murah lho. Tak cuma itu, kamu bisa sekaligus mengunjungi tempat wisata di Semarang lainnya yang populer dan tak kalah kerennya lho.

 

Tiket Masuk Brown Canyon Semarang

Saat kamu berkunjung ke Brown Canyon Semarang, kamu tidak akan dikenakan tiket masuk lho. Namun, jangan heran jika kamu akan menjumpai pungutan liar yang diberlakukan oleh warga setempat.

Besaran pungutan liar yang berlaku di tempat ini berkisar Rp 2.000,00 hingga Rp 5.000,00 saja per orangnya. Tak jarang juga ada warga yang meminta seikhlasnya termasuk untuk biaya parkir kendaraan.

 

Jam Operasional Brown Canyon Semarang

Brown Canyon Semarang selalu terbuka untuk umum selama 24 jam. Tempat yang berisikan tebing-tebing cantik ini tidak memiliki batasan jam operasional sehingga akan selalu dibuka setiap hari.

Kamu bisa bebas berkunjung kesini kapanpun dan di jam berapapun. Namun, sebaiknya kamu datang saat waktu terbaik yaitu pada sore hari ketika truk-truk pengangkut sudah selesai beroperasi.

Saat menjelang petang, kamu akan memiliki kesempatan untuk menyaksikan matahari terbenam.

Momen ini akan semakin terasa menyenangkan jika ditemani makanan Semarang yang khas, seperti lumpia atau wingko babat. Kamu bisa mendapatkan makanan ini di kawasan Pecinan Semarang, tepatnya di Gang Lombok.

 

Keajaiban dan Daya Tarik Brown Canyon Semarang

FYI, wisata alam Semarang ini sempat viral beberapa tahun lalu di media sosial instagram lho. Semenjak itulah, banyak orang yang kian penasaran hingga kemudian berbondong-bondong untuk datang ke Brown Canyon Semarang.

Brown Canyon Semarang merupakan tempat wisata yang ajaib hasil karya Tuhan dan campur tangan manusia. Kedatangan para wisatawan yang datang sengaja untuk menyaksikan keajaiban yang menjadi daya tarik tempat ini.

Yuk simak keajaiban Brown Canyon Semarang yang mempesona.

 

  • Kolam Alami

Di sekitar situs wisata Brown Canyon Semarang ini terdapat sebuah kolam alami dengan bentuk yang tidak beraturan.

Para pengunjung yang datang ke tempat ini kemudian menjadikan kolam tersebut sebagai spot foto favorit mereka untuk selfie. Ditambah pemandangan tebing yang megah menjadikan hasil foto mereka semakin keren.

Kolam alami ini memiliki air yang berwarna kehijauan, sehingga terlihat begitu cocok dengan view tebing yang berwarna coklat kehijauan.

 

  • Tebing Kembar 

Tak seperti tempat wisata di Simpang Lima Semarang yang sebagian besar merupakan spot foto buatan, di tempat ini kamu akan banyak menjumpai spot foto alami seperti kolam alami dan pemandangan tebing kembar.

Tebing kembar ini merupakan daya tarik utama para wisatawan lho. Kamu bisa berfoto di antara kedua tebing yang memiliki ketinggian hampir sama sehingga dijuluki sebagai tebing kembar.

Kedua tebing ini memiliki bentuk yang tidak beraturan dan menjulang tinggi, sehingga menambah kesan artistik yang unik

Kamu cuma perlu mendapatkan angle yang tepat agar hasil jepretanmu semakin estetik. Tak jarang, kedua tebing ini juga dijadikan sebagai target utama untuk foto prewedding.

Saat menjelang petang tiba, kamu akan melihat pemandangan yang semakin eksotis dan mempesona. Banyaknya rerumputan liar yang tumbuh di sekitar tebing menjadikan tempat ini semakin unik dan spesial.

 

  • Suasana Mirip Grand Canyon

Sudah penasaran dengan Brown Canyon Semarang? Kamu juga mungkin ingin mengetahui bagaimana suasana di tempat itu.

Saat siang hari, tempat ini akan terasa sangat panas dan berdebu, dan hampir mirip dengan suasana di Grand Canyon yang sesungguhnya. Suasana ini tentunya berbeda dengan suasana di Tebing Breksi, meskipun sama-sama area tambang.

Jangan salah, suasananya yang panas, gersang, dan berdebu inilah yang kemudian membuat Brown Canyon Semarang semakin terlihat eksotis. Meskipun memiliki suhu yang panas dan berdebu, namun hal ini tak menyurutkan niat para wisatawan untuk datang ke tempat ini.

 

Fasilitas Brown Canyon Semarang

Berbeda dengan kawasan wisata Kota Lama Semarang dan tempat wisata di Semarang lainya, wisata tebing Brown Canyon Semarang tentunya belum memiliki fasilitas yang memadai untuk para wisatawan yang berkunjung.

Hal ini terjadi karena situs wisata alami ini belum secara resmi masuk dalam daftar tempat wisata di Semarang. Bahkan tempat ini juga masih menyandang status aktif sebagai area pertambangan.

Jika dibandingkan dengan Kampung Laut Semarang yang berfasilitas lengkap, kamu tidak akan menemukan fasilitas umum seperti toilet, mushola, hingga tempat parkir.

Terlebih lagi fasilitas penunjang lainnya seperti gazebo atau warung makan yang menjual makanan Semarang khas dan lain sebagainya.

 

Jika kamu hendak mengunjungi Brown Canyon Semarang, jangan lupa untuk memesan layanan perjalanan dari travel kami yang akan membantu kamu menjangkau tempat ini dengan mudah. Dapatkan harga spesial dari paket perjalanan yang tersedia sehingga liburan kamu akan terasa lebih hemat.

 

Tak hanya Brown Canyon Semarang saja, kamu juga bisa mengunjungi wisata alam Semarang lainnya yang tak kalah keren lho. Setelah puas berkeliling, kamu bisa mencicipi kuliner Malam Semarang yang lezat serta berburu oleh-oleh di Pasar Johar Semarang.

Gimana? Kamu tertarik? Yuk segera pesan!

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *